PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI I MLATI TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
Khoirul Huda. PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI I MLATI TAHUN AJARAN 2014/2015, PTK. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Desember. 2014.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan alat bantu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli siswa kelas VIII C SMP Negeri I Mlati tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri I Mlati tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 32 orang yang terdiri atas 16 siswa putra dan 16 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan tes dan non tes/observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli siswa kelas VIII C SMP Negeri I Mlati tahun ajaran 2014/2015. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar servis atas bolavoli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 53,125% atau 17 siswa sedangkan 15 siswa atau 46,875% dalam kategori belum tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 84.375% atau sejumlah 27 siswa sedangkan 5 siswa atau 15,625% dalam kategori belum tuntas.
0 komentar:
Posting Komentar